Skip to main content

SIA2012 : Aku untuk IndonesiAku

Sebagai bentuk kepedulian terhadap Indonesia, sekelompok pemuda yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta (BEM FMIPA UNJ) mengadakan acara yang diberi nama “Sospol In Action 2012”. Acara ini merupakan acara rutinitas setiap tahunnya yang bertujuan untuk membangkitkan semangat pemuda Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam mengembalikan semangat Nasionalisme Indonesia melalui lomba esai, lomba poster, kampung pemuda dan diskusi publik kepemudaan.. Acara ini mengangkat tema besar Aku untuk IndonesiAku”. Tema besar ini terkandung makna yang begitu besar untuk para pemuda agar dapat menjalankan perannya sebagai “agent of change” bagi bangsanya.

Salah satu rangkaian acara dari “Sospol In action 2012” adalah lomba esai. Lomba esai dalam “Sospol In Action 2012”merupakan perlombaan penulisan ilmiah untuk pelajar dan mahasiswa se-Indonesia yang mengangkat tema “Pendidikan” dengan lima subtema yaitu melalui sains kita bangun pendidikan Indonesia, pendidikan dan lingkungan hidup, pendidikan di daerah terpencil, pendidikan, seni, dan budaya, serta pendidikan dan karakter bangsa. Bagi kamu  Pemuda Indonesia yang ingin mengembalikan semangat Nasionalisme Indonesia melalui bidang penulisan, lomba ini menjadi ajang yang tepat. Dua puluh tulisan terbaik akan disusun menjadi sebuah Buku Inspiratif dengan judul “Aku Untuk Indonesiaku”. Dengan hadirnya buku ini, harapannya dapat merangsang semangat pemuda Indonesia untuk dapat berkontribusi aktif serta menginspirasi banyak orang untuk melakukan sebuah perubahan yang lebih baik untuk bangsa ini.

Lomba poster dalam acara “Sospol In Action 2012” merupakan perlombaan pembuatan poster digital dari pelajar dan mahasiswa se-Indonesia yang bertemakan ”Aku untuk Indonesiaku”. Dari banyak poster yang diterima, akan dipilih sebelas poster terbaik yang akan disusun dan digabungkan dua puluh esai terbaik menjadi satu buah Buku Inspiratif dengan judul “Aku untuk IndonesiAku”. Buku ini nantinya akan didistribusikan secara gratis ke berbagai Organisasi Kepemudaan yang tersebar di wilayah Indonesia.

Kampung pemuda merupakan kegiatan yang berupa stand-stand pameran mengenai kepemudaan dan kebudayaan Indonesia. Di kampung pemuda juga akan dipamerkan karya-karya pemuda dalam lomba esai dan poster.

Rangkaian acara yang terakhir dalam “Sospol In Action 2012” adalah diskusi publik. Diskusi publik kepemudaan merupakan kegiatan refleksi terkait peran pemuda sebagai pilar kebangkitan suatu bangsa. Kegiatan ini mengundang pemuda-pemudi yang sukses dalam membangun Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya serta yang menginspirasi pemuda lainnya sebagai narasumber dalam diskusi publik. Dalam kegiatan ini juga akan dilakukan grand launching buku yang berisi sekumpulan karya anak bangsa dengan judul ”Aku untuk Indonesiaku”.

Untuk kamu yang mengaku sebagai pemuda, Indonesia menunggu kontribusi kamu untuk suatu perubahan. Dan salah satunya dengan mengikuti acara “Sospol In Action 2012”. Dengan karyamu, kamu akan menginspirasi banyak orang untuk berkontribusi. Buktikan dengan karyamu….! Berani berkontribusi..!! !Aku untuk Indonesiaku.

Contact Person : 08568936055 (Gita) / 083890445211 ( Dedy )
Email        :
 sopolinaction@mail.com
Facebook : Sospol in Action
Twitter     : @siaction2012

Comments

Popular posts from this blog

Prestasiku Untuk Masa Depan (1)

Eco – Green Hero : Permainan Edukatif Bertemakan Lingkungan Untuk Siswa Sd

Oleh : Gema Wahyudi   A.     BACKGROUND Pendidikan Lingkungan adalah salah satu ilmu tentang kenyataan lingkungan hidup dan bagaimana pengelolaannya agar menjaga dan menjamin kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Pendidikan tentang lingkungan hidup sangatlah penting. Dengan diberikannya  pendidikan ini kepada masyarakat, diharapkan akan muncul kesadaran agar lingkungan tumbuh dan berkembang dengan baik serta menjaganya. Pendidikan lingkungan ini harus diberikan kepada semua tingkat dan umur, baik melalui jalur sekolah maupun di luar sekolah. Semua jenjang pendidikan hingga masyarakat umum harus mendapatkan pendidikan tentang lingkungan hidup, tentunya dengan penyampaian yang berbeda. Pendidikan ini merupakan salah satu factor penting untuk meminimalisasi kerusakan lingkungan, meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam mencari pemecahan dan pencegahan timbulnya masalah lingkungan. Anak – anak, khususnya di jenjang SD harus sudah

Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Daerah Terpencil

oleh : Partin Nurdiani Pendidikan merupakan wadah penting yang menjadi titik krusial pembentukan mental, spititual, sekaligus intelektualitas bagi generasi bangsa. Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia memang tidak ada habisnya. Mulai dari prestasi-prestasi anak didik kita di tingkat nasional maupun international hingga rendahnya kualitas pendidikan di daerah terpencil. Masih kurangnya sarana dan prasarana dan kualitas pengajarnya yang pas-pasan menjadi salah satu faktor penyebab pendidikan di daerah terpencil terkesan tertinggal. Sehingga kemajuan pendidikan di Indonesia hanya terpusat di daerah perkotaan sedangkan di daerah terpencil kurang diperhatikan. Tak jarang kurangnya perhatian pemerintah itu mengesankan bahwa pemerataan pendidikan di Indonesia belum benar-benar adil seperti apa yang tercantum dalam UUD 1945.