PERSYARATAN SAYEMBARA ESSAY SIA 2014

Kompetisi Esai SIA 2014 “Aku untuk IndoneSIAku:Pendidik Muda untuk IdoneSIA”
Aku Untuk IndoneSIAku:Pendidik Muda Untuk IndoneSIA; Sebuah gerakan moral, ajakan berbuat nyata untuk Indonesia dengan berkarya. Lebih baik menyalakan lilin ketimbang sekadar mengutuk kegelapan.
Pada tahun ini, Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UNJ menantang mahasiswa&PelajarSMA Indonesia untuk menetaskan buah pikiran melalui kompetisi esai. Tuliskan esaimu. Jangan berangkat dari teori yang muluk-muluk. Mulailah dengan mengamati, observasi, kondisi di sekitarmu. Gambarkan permasalahan paling menarik atau paling penting di sekelilingmu, di wilayahmu, di “area kekuasaanmu”.
Ini bukan kompetisi membuat makalah dengan basis teori yang rigid, tapi tentang pendapat subyektif. Tulisan bisa berupa refleksi, observasi mendalam, atau gagasan konkret atas sebuah persoalan nyata di sekitarmu.

Topik Esai

Merupakan perlombaan penulisan ilmiah untuk pelajar dan mahasiswa se-Indonesia yang mengangkat tema “Pendidikan” dengan subtema yaitu:
  • Pendidik Tidak Harus Guru
  • Kaderisasi Pendidik
  • Pendidik Bermoral
  • Pendidik Mengajar di Daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal)

Syarat Peserta Kompetisi Esai

  1. Perlombaan ini tidak dipungut biaya.
  2. Peserta Kompetisi Esai ini adalah mahasiswa Diploma,Strata-1 (S1) dan pelajar SMA/sederajat
  3. Naskah esai yang dilombakan merupakan karya perorangan peserta, ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan belum pernah dipublikasikan di mana pun.
  4. Esai ditulis berdasarkan salah satu topik yang dipilih peserta. Pilihan Topik Esai.
  5. Peserta boleh mengirim lebih dari satu judul naskah, baik dengan pilihan topik yang sama atau berbeda, tetapi hanya satu judul yang dapat masuk dalam daftar 20 Esai Terbaik.
  6. Naskah dikirim Ke alamat email sospolinaction@mail.com dengan Subjek : Nama_Kampus/Sekolah_Subtema_Judultulisan
    (contoh : Dewantara_UNJ_Pendidikan,seni, dan Budaya_Pendidikan yang Membudaya)
  7. Peserta wajib menyertakan pindaian (scan) Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)/Kartu Pelajar yang masih berlaku, dimuat di Lembar Biodata naskah yang dikirimkan (Lihat Panduan Penulisan Esai)
  8. Hanya naskah yang penulisannya memenuhi ketentuan-ketentuan dalam Panduan Penulisan Esai  (dapat dilihat di blog ) yang akan diterima oleh panitia
  9.  Hak naskah menjadi milik Panitia.
  10. Batas akhir pengumpulan naskah adalah 15 Oktober 2014 pukul 23:59 WIB
  11. Untuk konfirmasi keikutsertaan lomba peserta wajib memfollow twitter@siactionID serta like fan page Sospol In Action dengan alamat  facebook :https://www.facebook.com/sospolinaction  

Sistem Penjurian

Tahap penilaian terdiri dari:
  1. Seleksi administratif oleh Panitia. Naskah yang tidak lolos seleksi karena kesalahan administratif bisa dikirim ulang sebelum tenggat pengumpulan. Lagi: cermati Panduan Penulisan Esai.
  2. Seleksi Oleh Dewan juri. Akan ada 20 tulisan terbaik yang akan menjadi essay terbaik dan akan di publikasikan pada blog : http://sospolinaction.blogspot.com/
  3. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 Oktober 2014 di http://sospolinaction.blogspot.com/
  4. Keputusan Dewan Juri dan Pihak Panitia tidak dapat diganggu gugat.

Pemenang dan Hadiah

Ini bukan sekadar kompetisi menulis. Kami memilih 20 (dua puluh) penulis esai terbaik untuk mendapatkan kesempatan berharga, yakni 20 tulisan tersebut akan kami bukukan dengan judul buku “Aku untuk IndonesiAku”. Buku tersebut akan dicetak,disebarkan keseluruh Indonesia,dan di launching pada acara puncak SIA 2014. Agar Seluruh Masyarakat Indonesia dapat membaca tulisan para pemenang.

Hadiah

20 tulisan terbaik akan mendapatkan

  1. satu buah Buku “Aku untuk IndonesiAku”
  2. Sertifikat Pemenang
  3. Bingkisan dari Sponsor*
* dari pihak sponsor

No comments:

Post a Comment