Harapanku Pada Indonesia Dalam Bidang Pendidikan Seni Tradisional Untuk Meningkatakan Peran Pemuda Sebagai Pelaku Utama Kembangnya Seni Tradisional Degan Menggunakan Metode S2LR K-POP
Oleh : Wafa Hanifah
Keberhasilan
suatu negara dipengaruhi dengan nilai pendidikan yang semakin tinggi dan
memusat pada pembelajaran yang berkualitas. Pengerak pendidikan salah satu
fungsi pemuda sebagai investasi perubahan bangsa untuk menjadi lebih besar
lagi. Langkah pemerintah atas kewajiban pemuda dalam menimba ilmu selama 9
tahun merupakan salah satu langkah kemajuan didunia pendidikan serta
peningkatan nilai. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik
melalui kegiatan bimbingan, pelajaran atau latihan peranan dimasa yang akan
datang. Manfaat dari pendidikan adalah sebagai penegak nilai, sebagai sarana
pengembangan masyarakat, pengembangan potensi manusia. Tujuan lain dari
pendidikan ialah mengaktualisasikan potensi peserta didik sehingga dapat
digunakan untuk memecahkan problem yang dihadapi, merancang pendidikan agar
fungsional bagi kehidupan peserta didik dalam menghadapi kehidupa dimasa yang
akan datang, memberikan kesempatan untuk mengembangkan pembelajaran yang
fleksibel yang sesuai dengan prinsip pendidikan, mengoptimalkan pemanfaatan
sumber daya di lingkungan sekolah, dengan memberikan peluang pemanfaatan sumber
daya yang ada di masayarakat dengan berbasis sekolah. Pendidikan terbagi dalam
beberapa pelajaran ialah : pelajaran eksak, pelajaran lokal, pelajaran fisik
dan pelajaran lain-lain yang menopang kembangnya ilmu pengetahuan. Utama
pembelajaran seni yang tenggelam dengan perkembang ilmu dan perubahan kurikulum.
Bukankah seni pelajaran yang dapat teraktualisasi dalam bidang keseharian dan
menguntungkan atau penambah devisa negara. Pendidikan seni merupakan investasi
yang berharga apabila dimanfaatkan secara maksimal dan dikembangkan sebagai
hiburan. Pengerak utama dapat dilakukan pemuda yang nantinya diperkenalkan pada
dunia luas melalui keanekaragamaan seni terutama alat dan lagu yang diberikan
oleh nenek moyang sebagai warisan kebudayaan.
Anggota
masyarakat banyak yang memandang pendidikan seni hanya sebagai kebudayaan. Dari
sudut pandang mengenai hal tersebut menjadi hilangnya pembelajaran untuk
melestarikn seni yang telah ada. Sama halnya dengan kurikulum pendidikan yang
tidak menitiberatkan seni tradisional, akhir terlupakan oleh para pelajar. Satu
persatu anak muda bertanya mengenai alat musik yang tidak dikenalkan oleh pihak
sekolah maupun lagu-lagu tradisional. Apabila seni tadisional hilang, siapa
yang nantinya akan disalahkan sebagai pelaku utama hilangnya peradabaan nenek
moyang. Kebudayaan yang lama akan tertutupi oleh zaman yang semakin modern.
Keutamaan kebudayaan adalah terciptanya seni tradisionl yang telah ada.
Pendidikan seni yang diberikan pihak sekolah tidak tersampaikan secara
menyempit dan praktek. Banyak faktor yang meruntuhkan kebudayaan. Pengetahuan
para pemuda akan seni sangat kurang, ketidaktertarikan seni tradisional
Indonesia merupakan faktor utama, faktor lainnya pihak sekolah yang tidak
memberikan fasilitas, para pemuda yang tidak mendukung kembangnya seni
tradisional.
A.
Memahami
keadaan remaja yang tertarik pada budaya Korea
Pemberitaan
melalui media cetak maupun media visual yang memberikan informasi terkini
mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia maupun
berita mengenai negara lain. Terutama pemberitaan kedatangan SMtown yang
mengadakan konser akbar pertama di Indonesia. Dapat dilihat secara bersama-sama
anak muda yang berkumpul menunggu pembelian tiket dan pengorbanan mengumpulan
uang. Dalam dialog di televisi anak muda menyatakan telah mempersiapkan selama
dua bulan serta merancang kehadiran dengan beragai barang yang akan diberikan
kepada idola. Kebudayaan k-pop atau Korea pop yang berkembang dan menarik minat
pada musiknya, kebudayan (pakaian, makanan, tarian, maupun prilaku yang
berlebihan) bukankah budaya Korea telah masuk secara perlahan dan menarik minat
pemuda pada musik Korea.
Tak
dapat disalahkan pihak manapun atas ketertarikan pemuda pada korea dan orang
tua pun mengiyakan atas kekreativitas orang korea. Faktor pemuda tertarik pada boyband, girlband karena lagu yang ditampilkan tidak membosankan, cara
berpakaian yang menarik, serta diikuti dengan iringan musik.
Dari
data yang telah didapatkan penghasilan dari artis-artis Korea yang mengadakan world tour menyumbangkan miliaran rupiah
kepada negaranya. Pihak pemerintah mendukung kemajuan artis Korea dan
memberikan pelatihan-pelatihan kepada para artis untuk meningkatkan kualitas
terbaik. Dimulai dari film Sonata
yang menarik banyak pihak, akhirnya pemerintah melihat peluang untuk
mengembangkan perfilman, industri musik, serta industri hiburan. Seni yang
ditingkatkan oleh bantuan pihak pemerintah akhirnya banyak bermunculan
artis-artis ternama maupun band-band terkenal.
Xian Junshu, 2PM, 2AM, Super Junior,
M Blaq, Beast, Wonder Girl, Shinee, SNSD, EX-O. Itulah runtunan artis yang
telah mendatangi Indonesia dengan waktu yang berdekatan. Konser besar ini
dikunjungi oleh para pemuda dengan jumlah 17 ribu lebih tiket yang tejual dalam
sekali konser bahkan melebihi jumlah tersebut, apabila dihitung dari kedatangan
yang berturut-turut dapat dibayangkan berapa jumlah keseluruhan pemuda yang
mengorbankan uang, waktu, persiapan. Apakah para pemuda akan menunggu
kedatangan artis-artis lain dari Korea yang akan datang ke Indonesia. Inilah
pertanyaan yang akan terjawab oleh fakta yang ada. Kemungkinan besar para
pemuda dilenyapkan oleh media internet yang dapat memudahkan akses pemberitaan mengenai
Korea, lagu-lagu yang terbaru, permasalahan artis korea, MV terbaru. Bahkan
dilihat dari laptop, handphone, tablet berisi mengenai hiburan Korea. Dapat dijawab para anak muda lebih tertarik pada
negara ginseng. Akhirnya industri musik Indonesia bekiblat pada Korea Selatan yang
membentuk group music dengan dance, pakaian yang ikut berkiblat. Terbenturlah
dengan seni tradisional Indonesia.
Keadaan
pemuda yang terikat pada budaya Korea menurunkan eksistensi pendidikan seni
tradisional Indonesia dimata penerus bangsa ini. Eksistensi seni tradisional
dapat tetep dipertahankan dengan pengorbanan uang, waktu, maupun tenaga agar
semua dunia melihat bahwa seni tradisional Indonesia dapat mengikat semua
kalangan umur dibelahan negara. Peran pemuda akan meningkatkan seni tradisional
yang dapat diiktui dengan bantuan-bantuan dari pemerintah dalam mendukung
segala gerakan yang dilakukan untuk melestarikan seni tradisional melalui
pendidikan yang ada Indonesia. Penting sekali pemuda Indonesia untuk ikut serta
dalam perancangan seni tradisional Indonesia.
B.
Merumuskan Solusi dan menghadapi tantanagan
Dari permasalahan
yang telah dipaparkan maka mencoba memberikan solusi alternative untuk
meningkatkan minat pemuda dalam peningkatan seni tradisional Indonesia :
1)
Seventeen Day
Dalam ragka menyambut hari ulang tahun negara Republik Indonesia
seharusnya kita patut bertanya apa yang telah diberikan semua masyarakat
Indonesia untuk bangsa Indonesia. Hal tersebut menjadi acuan untuk pengembangan
seventeen day. Tidak hanya pemuda,
akan tetapi anak-anak, para orang tua ikut berpartisipasi dalam perlombaan
maupun penampilan-penampilan yang spektakuler dalam menampilkan seni
tradisional dan lagu tradisional daerah masing-masing. Pengembangan ini dapat
diikuti oleh banyak daerah. Tetapi dari acara seventeen day ada yang terpilih untuk tampil di acara Kepresidenan
sebagai salah satu penghargaan telah menampilkan dan mengembangkan seni dan
alat tradisional dengan kualitas yang dapat dinikmati oleh banyak orang.
Keuntungan pada hari kemerdekaan terdapat banyak wakil dari setiap negara hadir
dalam acara hari Kemerdekaan sehingga kesempatan ini diguakanan untuk menghibur
para wakil-wakil dari tiap negara agar tertaik mengikuti dan menikmati musik
tradisional.
2)
Sekolah Mendukung Musik
Tradisional
Tiap sekolah memilki
keterbatasan untuk menyediakan alat-alat musik tradisional sebagai pendukung
utama pihak sekolah dalam memberikan fasilitas-fasilitas kepada para pemuda
untuk meneruskan seni dan musik tradisional. Akan tetapi hal tersebut dapat
disangkal dengan penyediaan sarana yang berbahan utama bambu. Sehingga
keefisienan penyediaan alat akan terpenuhi dengan bantuan perancang alat musik
yang ahli. Pihak sekolah akan membantu dalam pengembangan musik dan alat musik
hingga akhirnya dapat tersebar kepada siswa dan mampu memainkan dengan baik.
Pihak guru memberikan sejarah mengenai alat musik tersebut beserta nama dari
alat tersebut.
3)
Liburan Bermain Dan Alat Musik
Hari libur akan berpengaruh pada pelestarian musik sebagai aspek yang
harus ditradisikan oleh generasi yang akan datang. Kesempatan dalam
mengelola menjadi hal utama yang harus
dipecahkan agar program ini dapat berjalan dengan lancar. Minat untuk
mempelajari, membuat, maupun cara penggunanya menjadi hal yang dapat menarik
rasa keinginan tahuan para pemuda untuk mengikuri petualangan dalam bermain,
alat musik dan keterampilan dalam memainkan alat musik. Permainan dapat
diselipkan dalam kegiatan liburan ini. Permainan ini menjadi salah satu
perancang untuk melestarikan dan meningkatkan eksistensi alat musik kebudayaan.
4)
Rancang Guru Bermusik
Kemampuan seorang guru dalam mengembangkan minat anak adalah salah satu
perancang utama dalam mengmbangkan kualitas pemuda terutama bermusik.
Penyediaan guru yang berkompeten dalam memainkan musik dibutuhkan jumlah guru
seni yang banyak. Tiap sekolah diwajibkan untuk mampu bergerak dalam bidang
permusikan. Kemampuan guru yang baik akan memperbaiki seni tadisional di
indonesia. Akan tetapi tiap sekolah belum mempunyai guru musik dalam
pengembangan seni. Dari itulah guru harus mampu memperbaiki dan memanfaatkan
alat musik yang disediakan pihak sekolah. Percuma apabila terdapat alat musik
tetapi tidak ada pengajar sebagai penerima informasi.
5)
Kolaborasikan Seni Tradisional
Minat pemuda yang
kurang pada seni tradisional disebabkan seni indonesia yang terlihat monoton, iringan
lagu yang mendayu-dayu, serta pakaian yng tidak ada variasi setiap tampil yang
pada akhirnya mengharuskan semua pihak yang tergabung dalam seni tradisional
memberikan kolaborasi seni tradisional dengan perkembangan zaman tanpa
menghilangkan ciri khas tarian, musik maupun model maju yang dikenakan. Pengkolaborasian
seni tradisional akan merubah menit pemuda untuk ikut serta dalam peningkatan eksistensinya
di Indonesia. perubahan zaman yang mengaruskan kita berpikir lebih, agar anak
muda tertarik pada seni Indonesia.
6)
Populerkan Pelatihan Seni
Tradisional
Pemerintah sebagai kekuasaan tertinggi sangat
diperlukan dalam peningkatan eksistensi pemuda dalam bidang senintradisionl.
Bercermin dari negara ginseng yang memberikan pelatihan-pelatihan keluar negeri.
Untuk mengefektifkan pelaihan dibutuhkan bantuan dari para ahli untuk bergabung
serta guru seni tiap sekolah yang dilakukan
bulan. Setelah pelatihan terhitung baik maka pembelajaran seni
tradisional akan diajarkan pada para pemuda untuk ikut serta dalam peningkatan
kualitas seni tradisional. Bagi para pelatih maupun pemuda yang memiliki
kualitas baik dapat diberikan pelatihan-pelatihan istimewa dari pemerintah agar memotivasi peserta maupun pelatih untuk
maju dalam pelestarian seni tradisional.
anak muda yang berbakti pada negara
ReplyDelete1000 jempol buat kamu,,^_^