Skip to main content

Yang Terpencil Makin Terkucil

ditulis oleh : Wahyu Romadhon

      Bangsa yang kuat adalah yang memiliki pemimpin yang hebat. Maksud dari kalimat tersebut adalah jika ingin menjadi bangsa yang kuat maka bangsa tersebut harus memiliki pemimpin yang berani dalam menegakkan keadilan terhadap bawahannya atau lebih dikenal dengan rakyat. Pada zaman modernisasi sekarang  Ini sangat sulit untuk mencari pemimpin yang benar-benar memiliki jiwa keadilan yang tinggi. Setiap kali mereka berkampanye mereka selalu berkata”pembangunan dan pendidikan akan kita bangun secara merata dari kota sampai ke desa”. Namun, setelah mereka terpilih pendidikan hanya  dipusatkan didaerah perkotaan, sedangkan pedidikan didaerah terpencil yang mana gedung-gedung sekolahannya dibiarkan porak-poranda. Kejadian ini sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada di kota, dimana sekolah-sekolah tersebut rata-rata  bertingkat dan ber-AC. Jadi, apakah pemimpin negeri ini sudah adil??? Jawabannya tentu TIDAK, entah siapa yang harus disalahkan, pemimpin atau APBN???
      Janji-janji yang mereka ucapkan saat mereka berkampanye hanyalah pemanis belaka. Menurut data yang saya kutip dari www.bisnis.com>front page>nasional>varia bahwa anggaran pendidikan di Indonesia pada tahun 2012 adalah Rp.340 triliun. Akan tetapi, dengan anggaran sebesar itu, sekolah-sekolah terutama yang ada didaerah terpencil seperti tidak ada uluran tangan dari pemerintah.
      Salah satu Provinsi yang banyak memiliki sekolahan didaerah terpencil adalah provinsi Kalimantan timur yang terdapat di empat kabupaten yakni; kab. Malinau, kab. Kutai timur, kab.kutai barat dan kab. Nunukan. kondisi sekolahan di daerah terpencil tersebut tidaklah sama jika dibandingkan dengan sekolahan yang ada di pusat perkotaan, tenaga pendidik dan kependidikan didaerah terpencil sangat minim akan ilmu pengetahuan, ini sangatlah berbeda dengan tenaga pendidik dan kependidikan sekolahan yang ada di perkotaan yang mana tenaga pendidik dan kependidikannya rata-rata lulusan sarjana. Jadi, sekali lagi apakah pemimpin negeri ini sudah adil???
      Pendidikan merupakan  salah satu faktor yang sangat penting untuk menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara maju, karena dengan pendidikan akan dapat membentuk pola pikir masyarakat Indonesia agar memiliki pola pikir yang lebih kritis untuk membangun negeri tercinta ini.  Namun, melihat kondisi pendidikan di  Indonesia sekarang ini rasanya sulit untuk mewujudkan cita-cita  Negara Indonesia menjadi macan Asia atau lebih dikenal dengan istilah  Negara maju.
      Pendidikan di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan pendidikan di Negara maju terdahulu seperti Jepang, Singapura, dan lain sebagainya.
Indonesia sebenarnya sangat berpotensi untuk menjadi Negara maju, asalkan faktor-faktor pendorongnya terpenuhi, salah satu factor yang sangat penting adalah adanya kualitas pendidikan yang baik. Sampai saat ini  sekolahan yang memiliki kualitas pendidikan yang baik rata-rata terdapat didaerah perkotaan, sedangkan pendidikan didaerah  terpencil yang serba kekurangan dan ketidaklayakan pakai mulai dari Buku paket,tenaga pendidik dan kependidikan yang minim akan pengetahuan serta bangunan sekolah yang tak layak huni.
      Jadi, kalau kejadian ini terus-menerus terjadi maka negeri ini tidak akan menjadi negeri maju dan akan terus menerus mendapat predikat sebagai Negara berkembang.
Selain itu juga, kejadian ini berarti telah merampas hak warga Negara untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam bidang pendidikan. Jika ini dibiarkan secara terus-menerus maka pamor Negara Indonesia dalam bidang pendidikan semakin lemah.
      Akan tetapi, memang ada beberapa faktor penghambat pembangunan dan pendidikan di daerah terpencil diantaranya;
1.memang lokasi/tempatnya yang sulit di jangkau. Sehingga, pembangunan insfratruktur di daerah terpencil sulit dilakukan.
2.Media, untuk daerah-daerah terpencil, apalagi daerah yang berada di perbatasan sulit dijangkau. apabila pemerintah punya rencana untuk membangun gedung sekolah dan untuk membawa bahan-bahan material sangat susah apalagi daerah yang dituju harus meelewati daerah perairan kecil yang hanya dapat dilewati oleh kendaraan air yang kecil. Namun, apabila pekerjaan itu dilakukan dengan tingkat keseriusan yang tinggi maka pekerjaan itu dapat berjalan dengan lancar. Karena, sesulit apapun pekerjaan kalau dilakukan dengan serius dan ikhlas maka pekerjaan itu akan terasa mudah.
      Mengenai tenaga pendidik dan kependidikan, didaerah terpencil tenaga pendidiknya sangatlah terbatas, jumlah pendidiknya dapat dihitung dengan jari. Disinilah dituntut partisipasi warga Negara terutama yang berprofesi sebagai guruuntuk keikhlasannya mengajar dan mendidik anak-anak tak berdosa itu didaerah terpencil. Namun, tidak hanya keterbatasan tenaga pendidik dan kependidikan, namun juga keterbatasan ilmu pengetahuan yang mana tenaga pendidiknya sangat minim akan pengetahuan. Jadi, kalau tenaga pendidiknya minim akan pengetahuan bagaimana mereka mau menyalurkan ilmu secara optimal kepada anak didiknya. Disinilah dituntut keberanian pemerintah agar dapat menempatkan sebagian guru-guru yang dapat dibilang professional atau lulusan sarjana.
      Supaya, guru-guru yang ditempatkan didaerah terpencil merasa nyaman, senaiknya pemerintah daerah dan pemerintah pusat dengan serius membangun akses jalan dan trasportasi supaya sekolah yang dituju mudah dijangkau.
      Jadi, saya sebagai penulis sangat berharap agar keadaan pendidikan didaerah terpencil khususnya dapat menikmati pendidikan selayaknya yang dinikmati oleh orang-orang kota…………………..

Comments

Popular posts from this blog

Prestasiku Untuk Masa Depan (1)

Eco – Green Hero : Permainan Edukatif Bertemakan Lingkungan Untuk Siswa Sd

Oleh : Gema Wahyudi   A.     BACKGROUND Pendidikan Lingkungan adalah salah satu ilmu tentang kenyataan lingkungan hidup dan bagaimana pengelolaannya agar menjaga dan menjamin kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Pendidikan tentang lingkungan hidup sangatlah penting. Dengan diberikannya  pendidikan ini kepada masyarakat, diharapkan akan muncul kesadaran agar lingkungan tumbuh dan berkembang dengan baik serta menjaganya. Pendidikan lingkungan ini harus diberikan kepada semua tingkat dan umur, baik melalui jalur sekolah maupun di luar sekolah. Semua jenjang pendidikan hingga masyarakat umum harus mendapatkan pendidikan tentang lingkungan hidup, tentunya dengan penyampaian yang berbeda. Pendidikan ini merupakan salah satu factor penting untuk meminimalisasi kerusakan lingkungan, meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam mencari pemecahan dan pencegahan timbulnya masalah lingkungan. Anak – anak, khususnya di jenjang SD harus sudah

Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Daerah Terpencil

oleh : Partin Nurdiani Pendidikan merupakan wadah penting yang menjadi titik krusial pembentukan mental, spititual, sekaligus intelektualitas bagi generasi bangsa. Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia memang tidak ada habisnya. Mulai dari prestasi-prestasi anak didik kita di tingkat nasional maupun international hingga rendahnya kualitas pendidikan di daerah terpencil. Masih kurangnya sarana dan prasarana dan kualitas pengajarnya yang pas-pasan menjadi salah satu faktor penyebab pendidikan di daerah terpencil terkesan tertinggal. Sehingga kemajuan pendidikan di Indonesia hanya terpusat di daerah perkotaan sedangkan di daerah terpencil kurang diperhatikan. Tak jarang kurangnya perhatian pemerintah itu mengesankan bahwa pemerataan pendidikan di Indonesia belum benar-benar adil seperti apa yang tercantum dalam UUD 1945.